KEJAKSAAN NEGERI
KABUPATEN GORONTALO

LAPORAN PENGADUAN MASYARAKAT / WHISTLE BLOWING SYSTEM (WBS)

PENGADUAN MASYARAKAT / WHISTLE BLOWING SYSTEM (WBS) 

Penerimaan pengaduan masyarakat / Whistle Blowing System (WBS) melalui website ini adalah untuk pengaduan yang berkaitan dengan dugaan pelanggaran perilaku ataupun ketidak profesionalan Jaksa dan Pegawai dalam melaksanakan tugas. 

Kejaksaan Negeri Kabupaten Gorontalo tidak akan menindak lanjuti :

  1. Pengaduan yang tidak jelas.
  2. Pengaduan mengenai dugaan terjadinya suatu tindak pidana. 
    Perlu diinformasikan bahwa Kejaksaan Negeri Kabupaten Gorontalo hanya memiliki wewenang untuk melakukan penyidikan terhadap tindak pidana tertentu yang diatur secara khusus oleh undang-undang, di antaranya adalah tindak pidana korupsi, perikanan, dan pelanggaran HAM berat yang penyidikannya sudah mendapat persetujuan DPR.
    Pengaduan atau informasi mengenai dugaan terjadinya tindak pidana tertentu tersebut dapat Anda sampaikan kepada Kejaksaan Negeri Kabupaten Gorontalo.

Setiap pengaduan yang diterima melalui website ini akan ditangani oleh Pejabat Pengawasan Fungsional dan Pegawai pada Kejaksaan Negeri  Kabupaten Gorontalo. 

  1. Siapa yang boleh menyampaikan pengaduan melalui website ini?
    • Siapa pun dapat menyampaikan laporan pengaduan mengenai dugaan pelanggaran perilaku atau dugaan perbuatan tercela yang dilakukan pegawai Kejaksaan Negeri Kabupaten Gorontalo baik Jaksa maupun Tata Usaha.
    • Sepanjang Anda memiliki pengetahuan, informasi atau keterangan mengenai suatu dugaan pelanggaran perilaku atau dugaan perbuatan tercela yang dilakukan pegawai Kejaksaan Negeri Kabupaten Gorontalo baik Jaksa maupun Tata Usaha, Anda dapat menyampaikan pengaduan Anda, meskipun Anda bukan merupakan pihak yang terkait langsung dengan dugaan pelanggaran perilaku atau dugaan perbuatan tercela tersebut.
  2. Bagaimana cara menyampaikan pengaduan?
    • Isilah kolom-kolom yg tersedia pada fitur pengaduan yang tersedia dalam website ini.
    • Uraikan tindakan/perbuatan Jaksa atau Pegawai Kejaksaan Negeri Kabupaten Gorontalo yang Anda laporkan pada kolom Pengaduan. Upayakan Anda menuliskannya dalam bahasa Indonesia yang baik dan jelas, dengan memuat peristiwa yang berkaitan dengan tindakan/perbuatan yang dilaporkan secara kronologis dan sistematis.
    • Untuk memudahkan tindak lanjut terhadap pengaduan Anda, pastikan Anda mencantumkan informasi-informasi sebagai berikut:
      1. Nama Terlapor (Jaksa/Pegawai Kejaksaan Negeri Kabupaten Gorontalo),
      2. Satuan kerja (Kejaksaan Tinggi/Kejaksaan Negeri/Cabang Kejaksaan Negeri) tempat Terlapor bertugas, dan
      3. Nama Tersangka/Terdakwa/materi perkara yang berkaitan dengan pengaduan yang Anda sampaikan (jika tindakan/perbuatan yang dilaporkan berkaitan dengan penanganan suatu perkara).
    • Anda juga dapat melampirkan dokumen-dokumen dalam bentuk file elektronik sebagai bukti/keterangan dari pengaduan yang Anda sampaikan dengan fasilitas upload dokumen yang tersedia pada fitur Pengaduan.
  3. Bagaimana cara mengetahui bahwa Pengaduan yang disampaikan sudah diterima dan tersimpan dengan baik dalam database Pengaduan Kejaksaan? 
    Apabila Anda mencantumkan email Anda dengan benar ketika menyampaikan pengaduan, sistem teknologi informasi dari website Kejaksaan akan mengirimkan email konfirmasi apabila pengaduan sudah diterima dan tersimpan dalam database Pengaduan Kejaksaan. 
  4. Apakah yang akan dilakukan terhadap Pengaduan yang disampaikan? 
    Setiap Pengaduan yang disampaikan akan ditindaklanjuti dengan tahapan penanganan sebagai berikut :
    1. Proses pemilahan laporan pengaduan
    2. Diteruskan ke bidang teknis terkait, apabila materi pengaduan adalah mengenai masalah teknis penanganan perkara.
    3. Ditangani oleh bidang Pengawasan proses telaah
    4. Klarifikasi oleh daerah *
    5. Ada indikasi *
    6. Proses pemeriksaan oleh PPF (Pejabat Pengawasan Fungsional) *
    7. Tidak ada indikasi, Pengaduan dihentikan *
    8. Laporan Hasil Pemeriksaan
    9. Terbukti proses penjatuhan sanksi (ringan, sedang, berat)
    10. Tidak terbukti pemeriksaan dihentikan
    11. Terlapor keberatan atas hukuman disiplin *
    12. Proses Majelis Kehormatan Jaksa **
    13. Pelaksanaan hukuman disiplin

    * optional
    ** khusus untuk jaksa yang diusulkan diberhentikan dengan hormat/tidak dengan hormat

    ISI LAPORAN ANDA DI  BAWAH INI !!

Pelapor

 

Terlapor

 

PENGADUAN / WHISTLE BLOWING SYSTEM (WBS)

 

Verification

Pengaduan Masyarakat Dengan Whatsapp


Whatsapp

ARMEN WIJAYA, S.H., M.HKEPALA KEJAKSAAN NEGERI KAB. GORONTALOANTON HAMIM, S.HKASUBAG PEMBINAANYESKY VERLANGGA WOHON, S.HKASI INTELIJEN VICTOR RAYMOND YUSUF, S.H., M.HKASI TINDAK PIDANA UMUMANDI MUH. RIKO ASHARI, S.HKASI TINDAK PIDANA KHUSUSSYAMSUL ARIFIN, SHKASI PERDATA & TUNFENNY HASLIZARNI, SHKASI PENGELOLAAN BARANG BUKTI & BARANG RAMPASAN
Previous
Next
Previous
Next
KLIK DISINIKLIK DISINIKLIK DISINIKLIK DISINIKLIK DISINIKLIK DISINIKLIK DISINI
Previous
Next

Survey Kejaksaan Negeri Kabgor
Jenis Kelamin
Pekerjaan
Usia
1. Menurut Saudara Pelayanan Kami Sudah Menerapkan Protokol Kesehatan ?
2. Bagaimana Pendapat Saudara Tentang Respon Petugas dan Waktu Pelayanan Kami ?
3. Apakah Saudara Merasa Puas Dengan Pelayanan Kami ?


KEJAKSAAN NEGERI
KABUPATEN GORONTALO
FB : Kejaksaan Negeri Kabupaten Gorontalo
IG : @kejarikab.gorontalo
YT : Kejaksaan Negeri Kabupaten Gorontalo


Facebook


Instagram


Youtube

Jl. Samaun Pulubuhu, Pone, Limboto Bar., Kabupaten Gorontalo, Gorontalo
96271